
Jaguar generasi kedua XF adalah
produk yang lebih maju dalam
segala hal - dan juga di contention untuk
kepemimpinan kelas.
Kembali pada tahun
2007, XF asli menjadi wajah baru dari Jaguar. Dibebaskan dari belenggu
kepemilikan Ford dan didukung oleh Tata, Jaguar bebas untuk mengukir jalan
sendiri di segmen mobil premium, dimulai dengan yang XF.
Hampir delapan tahun ke depan, generasi kedua XF bersiap-siap untuk
mengambil tongkat dari pendahulunya. Dengan harga mulai dari £ 32.300 itu
sedang bernada tepat terhadap raksasa dari segmen sedan premium - di mana
kekuasaan penjualan seimbang antara topi dari Audi A6, BMW Seri 5 dan
Mercedes-Benz E-Class.

XF baru ini diklaim lebih ringan, lebih efisien dan lebih berteknologi maju
dari mobil yang digantikannya. Kunci ringan yaitu iQ baru [Al] Platform
aluminium-intensif bersama dengan XE lebih kecil - yang berarti bahwa XF baru
sebanyak 190kg lebih ringan dari model lama, dengan tubuh-putih dengan berat
hanya 282kg dan trotoar berat badan serendah 1455kg.

XF baru ini juga telah menyusut dibandingkan dengan mobil keluar, dengan
dimensi sehingga sedikit lebih pendek (7mm) dan bawah (3mm) dari XF saat ini -
meskipun memiliki wheelbase lebih panjang 51mm. Jaguar menjanjikan ruang
terbaik di kelasnya untuk penumpang belakang - salah satu dari beberapa daerah
pertentangan di mobil tua.

Tiga pilihan mesin akan tersedia di Inggris. Mayoritas penjualan - dimana
sekitar 45% akan pergi ke armada - akan datang dari 178bhp itu, £ 317 ft empat
silinder 2.0-liter mesin diesel Ingenium, sementara versi ft 161bhp / £ 280
juga tersedia.
The 375bhp 3.0-liter supercharged mesin bensin V6 yang sama seperti yang
ditemukan di F-Type juga tersedia, dan duduk di bagian paling atas dari
kisaran. Model diuji di sini, bagaimanapun, adalah 296bhp, £ 516 ft versi akrab
3.0-liter V6 turbodiesel - ditawarkan di Inggris pada rentang-topping S hanya
trim.

Sangat kompeten memang. XF baru adalah setiap bit mengesankan seperti model
saat ini, dan kemudian beberapa.
Sementara mesin Ingenium dapat mengambil sebagian besar penjualan, itu V6
turbodiesel ini di mana driver tajam cenderung untuk menemukan rumah. Unit
3.0-liter yang responsif dan kuat dari sangat rendah turun di kisaran rev,
dengan £ 516 ft torsi maksimum (£ 100 ft lebih dari yang lama 3.0-liter V6)
yang mengeluarkan dari hanya 2000rpm.

Tidak terdengar seperti olahraga yang Anda mungkin ingin, memancarkan hanya
nada kinerja berorientasi samar lebih tinggi kisaran rev. Bahkan, di sekitar 2000rpm,
ada rattle diesel khas. Setelah Anda tahu itu ada, sulit untuk mengabaikan.

Daya dikelola ahli dalam kebanyakan kasus oleh ZF transmisi otomatis
delapan kecepatan - dipilih melalui roundel baru di konsol tengah. Kita katakan
di 'kebanyakan kasus' karena, sementara transmisi melakukan pekerjaan yang
sangat baik dalam mode Drive, ketika Sport memilih downshifts disertai dengan
jeda yang aneh.
Sensasi kecepatan penuh berkurang sebagai gearbox menjemukan memilih gigi
yang tepat, juga. Ini niggle kecil, pasti, dan dapat dinegasikan dengan
menggunakan paddle shifter wheel-mount untuk perubahan yang lebih cepat.

Kualitas dinamis XF ini telah hanya telah ditingkatkan dalam generasi
kedua. Kemudi merasa, kelincahan dan stabilitas menikung kita mencintai tentang
XF asli tetap dalam model baru ini, tapi itu semua sudah halus tweak. Kemudi
bahkan lebih akurat dan penuh perasaan, sehingga tanggapan front-end yang
sangat baik. Ini juga bergabung dengan perjalanan yang terasa nyaman di jalan
tol tapi perusahaan-perusahaan di kecepatan rendah.
XF ini kabin didesain ulang adalah nyaman dan luas, dan sementara ada hanya
mungkin menjadi 3mm tambahan ruang untuk kaki belakang dibandingkan dengan BMW
Seri 5, itu membuat perbedaan. Sebuah enam kaki dewasa bisa duduk di bangku
belakang kenyamanan jarak jauh tanpa kesulitan apapun.

Satu sorot adalah InControl Sentuh sistem Pro infotainment baru, yang akan
menjadi opsional pada model XF pada akhir tahun ini. Ini mahal, pada £ 1200,
tapi memberikan XF nuansa premium benar-benar lebih.
Kontrol gerakan mirip dengan yang digunakan oleh smartphone, sedangkan
antarmuka 10.2in lebar (mengganti layar 8.0in standar) cocok baik untuk kabin
XF ini. Ini bergabung dengan instrumen cluster digital 12.3in - juga opsional -
yang juga dikonfigurasi oleh pengemudi.

Sementara vonis penuh akan harus menunggu sampai kita telah didorong XF
baru di kandang sendiri, itu aman untuk mengatakan bahwa Jaguar telah datang
sangat dekat dengan menciptakan pemimpin kelas baru. Its saingan semua memiliki
jasa-jasa mereka - A6 memiliki kabin lebih baik secara keseluruhan, E-Class
adalah yang paling nyaman dan Seri 5 merupakan nilai terbaik untuk uang -
tetapi XF hanya tumbuh kuat di generasi kedua.

Sementara sebagian besar pembeli armada akan puas dengan mesin Ingenium,
pembeli swasta harus melihat lebih dekat di 3.0-liter turbodiesel ini. Dalam
bentuk ini, Jaguar XF bersinar terang, dan mampu menjadi baik komuter nyaman
dan sedan sport. Ini adalah campuran yang biasanya sulit dicapai, tapi satu
yang Jaguar telah melepas sangat baik.