
Ini adil untuk mengatakan bahwa, sejauh ini,
iterasi saat ini RS Renault Clio telah
kekecewaan. Sebelumnya untuk itu, empat generasi (lima jika Anda termasuk Williams) dari supermini
Renaultsport-fettled yang angkuh, pemimpin
kelas berturut-turut, dan sebagian pelajaran objek
dengan cepat dan murah menyenangkan.
Pengganti mereka berhasil menjadi satu pun dari hal-hal ini, dibebani seperti itu dengan
terlalu banyak pintu, terlalu
sedikit kekuasaan dan menyenangkan-dampener dari gearbox
otomatis dual-clutch EDC. Kekurangannya, salah satu tersangka, yang tidak
hilang pada para insinyur di
divisi motorsport terkenal Renault, karena
banyak dari mereka telah melihat
ke dalam, 220
versi Trophy.

Ini masih lima pintu dan masih otomatis, tetapi '220' bagian dari nama
mengacu pada kenaikan listrik 10% diberikan pada mobil sekarang Euro
6-compliant 1.6-liter turbocharged bensin, output 217bhp baru membedakannya
dari varian 197bhp masih di bawah itu dalam urutan kekuasaan.
Kekuatan ekstra datang courtesy dari blower sedikit lebih besar dan remap
mesin. Peningkatan tekanan boost memberikan lebih torsi puncak, juga - £ 192 ft
pada 2000rpm. Ini perbaikan sangat penting untuk drivability Clio yang itu
bermigrasi ke versi yang lebih murah 200 juga. Eksklusif untuk Trophy,
bagaimanapun, adalah 'substansial dikalibrasi ulang' EDC 'kotak, yang kini
bergeser 50% lebih cepat dari sebelumnya, bersama dengan chassis dipesan lebih
dahulu set-up.

Ini termasuk mata air secara substansial lebih kencang (balok sentuhan
belakang yang telah menegang oleh 40%), dengan peredam untuk mencocokkan. Rasio
kemudi telah berkurang, juga, untuk kelangsungan lebih baik, dan roda 18in
standar bekerja sama dengan ban Michelin Pilot Super Sport, untuk lebih traksi.
Masih ada yang tepat terbatas-slip differential (Renault RS Diff menjadi
emulator elektronik), tapi ada kontrol peluncuran dan potensi ekonomi 47.9mpg
jika Anda pergi tempat di dekat bekas.

Untuk melihat, Trophy terasa lebih rendah. Sebelumnya, bahkan dalam bentuk
Cup, Renault nyaris menjatuhkan Clio sama sekali. Di sini, itu adalah 20mm
lebih rendah di bagian depan dan 10mm di belakang, membuat Trophy prospek liar
banyak - dan satu lagi saat mengambil dalam skema warna putih matt yang
menambahkan kedua atap hitam gloss dan £ 1300 untuk tagihan. Lencana ekstra
pasti memiliki, juga, dan di dalam ada kulit yang setir untuk pergi dengan
beberapa carbonfibre-efek bit trim.
Segala sesuatu yang lain di sekitar Anda tetap sama, termasuk kusam, suara
bising berongga dari pemilih gigi lebih cocok untuk SUV usang dari supermini
baru. Renault telah mengurangi perjalanan dayung kolom-mount terkait dengan 30%
tetapi, sayangnya, masih ada ada kerenyahan atau klik untuk mereka, hanya
bergetah 'meh' perlawanan layu.

Kurangnya pemenuhan jari membuktikan semua lebih frustasi karena pada akhir
bisnis baik dan downshifts melakukan memang memiliki jauh lebih zip, yang,
lebih bahagia, terbukti menjadi kebaikan Trophy pada umumnya.
Salah satu yang paling mengecewakan sifat turbocharged Clio adalah
ketidakmampuannya untuk merasa bahkan jauh cepat ketika dibiarkan dalam mode
auto tua biasa, tapi berkat torsi tambahan - dan ft £ 15 ekstra yang hanya
Trophy mendapat di keempat dan kelima - kisaran-puncak terasa tidak hanya hidup
tapi juga lebih mudah untuk bergaul dengan.
Itu tanpa mencoba. Jempol RS tombol untuk nya 'ras' pengaturan (menekannya
memadamkan kontrol traksi dalam mode manual) dan keaktifan baru ditemukan
pendekatan kegembiraan yang sebenarnya.
Otot tambahan mesin lebih ditingkatkan oleh kapasitas paru-paru yang
tampaknya lebih besar, dengan revisi asupan udara dan sistem pembuangan yang
berarti-pot empat threshes jalan ke batas 6800rpm rev lebih tinggi dengan
parutan dan semangat yang jauh lebih besar.

Hasilnya tidak rampantly cepat dalam cetakan dari Audi S1 atau Mini
Cooper JCW (kedua sebuah kaki tambahan tangga), tetapi Ford Fiesta ST mungkin
hanya menemukan dirinya akan mundur sekarang.
Jangan berharap sudut untuk memperlambat itu banyak baik: Trophy hidup sampai
penagihan suspensi-nya, meniadakan kecenderungan transfer berat 200 oleh hampir
mencelupkan sayap di turn-dalam, dan setelah itu memutar mesin lebih cepat,
lebih bebas berputar menjadi seimbang dan benar norak pertengahan tikungan
Hunker - satu membuat semua lebih jelas oleh rak kemudi yang terasa seakan
beberapa tanggap tua telah dikembalikan untuk itu.

Kelemahan tidak mengherankan dari menyalakan sumbu chassis 'adalah bahwa
Renault telah mengambil gigitan besar keluar dari Clio kenyamanan berkendara,
yang sebelumnya salah satu aset yang paling disukai nya.
Pendekatan tanpa kompromi dibawa ke gerakan tubuh vertikal adalah sekolah
jelas tua, sehingga diharapkan rahang goncang di kota dan dasar untuk
meninggalkan kursi di bergelombang B-jalan. Jelas, ini berbicara kepada Trophy
ini sirkuit yang berfokus tala - tujuan Renaultsport menyatakan - dan dari
jenis yang ceruk pembeli yang tepat berpikiran mungkin tidak akan blanche di.
Apakah Clio masih menarik bagi jenis penonton sekarang dipertanyakan, meskipun.
Beberapa lama Dieppe pixie debu telah ditaburi tapi mengendap hanya
tambal-sulam pada apa adalah produk lima pintu, dua pedal tegas mahal.

Renault membuat RS lembut, lebih lambat dan lebih masuk akal untuk memikat
massa, tapi restiffening otot tidak menjamin pengembalian tercurah dari
minoritas hardcore - terutama karena kebanyakan dari mereka sekarang pelanggan
Ford, mengemudi replika murah-to- membeli, mesin tiga pintu, tiga pedal, tiga
kali-the-menyenangkan yang Renaultsport menghabiskan bagian terbaik dari dua
dekade membela.
Daripada mengejar waktu putaran, Renault Clio RS 220 akan lebih baik disajikan di sini
hanya dengan splicing powertrain ditingkatkan untuk sasis Cup yang ada dan
membelah £ 2 k dari £ 21.780 harga.
Seperti itu, Trophy masih jauh terbaik EDC-dilengkapi Clio kami telah
didorong, dan alternatif yang baik untuk sesuatu seperti Peugeot 208 GTi 30.
Tapi kekurangannya adalah sumsum-dalam dan, untuk sekali, sebuah edisi khusus
single-minded belum tentu solusinya.